Manfaat warming up dalam olahraga

Warming up

adalah tahap pemanasan dari suatu  kegiatan yang dilakukan untuk memulai suatu aktivitas tertentu dan bertujuan membiasakan gerakan atau aktivitas serupa yang akan dilakukan, sehingga kelenturan badan dan adaptasi badan mulai disesuaikan. pikiran dan konsentrasi juga terkondisi. Inti dari aktivitas ini untuk  menyiapkan tubuh agar tidak mengalami hambatan, bahkan bisa menghasilkan sesuatu yang optimal saat sedang melakukan kegiatan. Dengan pemanasan tersebut akan memberikan penyesuaian pada kondisi tubuh. Sebuah pemanasan yang tepat harus selalu dimasukkan dalam program latihan yang akan dilakukan. Pemanasan sangat penting dari latihan apapun karena akan membantu meningkatkan suhu pada otot, memungkinkan pergerakan otot lebih kuat dan mempersiapkan tubuh untuk aktivitas. juga akan membantu untuk melatih lebih intens dan memilik efisiensi dalam berlatih. Pemanasan bermanfaat untuk membantu memompa  darah beroksigen ke jaringan dan meningkatkan tekanan darah serta menyusaikan denyut jantung dalam  mempersiapkan tubuh  untuk intensitas latihan yang akan dilakukan .

Sebaiknya  pemanasan bisa dilakukanexercise-warm-up-cool-down-6

terdiri dari 5-10 menit aktivitas kardiovaskular ringan, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau joging ringan, diikuti oleh serangkaian peregangan dilanjutkan dengan cardio dari mulai lambat kemudian mempercepat lalu di ikuti dengan peregangan dan disetakan dengan serangkaian peregangan seluruh tubuh. Pilih salah satu peregangan untuk setiap kelompok otot utama dan tahan selama sekitar 20 detik sebelum pindah ke yang berikutnya. Hal ini sangat penting untuk kesehatan, stabilitas, fungsi sendi dan jaringan ikat. Ini akan membantu untuk mengobati dan mencegah cedera dan membuatnya lebih kuat  dan melidungi bagian yang rentan terhadap cedera.

Pada umumnya darah terkonsentrasi

di wilayah tubuh bagian atas untuk bernafas, pencernaan, dan fungsi koroner dasar. Peregangan adalah sarana penyebaran darah dengan cara, mendorong darah ke seluruh tubuh.dimana nutrisi penting dan oksigen yang diangkut melalui darah  membantu memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan, reproduksi dan perbaikan jaringan. Sebuah pemanasan yang tepat tidak hanya membantu untuk mempersiapkan tubuh untuk aktivitas, tetapi juga datang dengan banyak manfaat tambahan lainnya. Alangkah baiknya warming up atau pemanasan dapat di jadikan  bagian dari rutinitas sehari hari, seperti pada saat kita bangun pagi.

Prinsip  pemanasan atau warming Up

Meningkatkan suhu tubuh beserta jaringannya

Membangunkan otot dan meningkatkan kerja otot

Meningkatkan peredaran darah

Mengurangi resiko cidera.

Melumasi sendi dan otot.

Menambahkan jakauan pergerakan

Meningkatkan performa.

Membangunkan seluruh sistem saraf.

 

secara singkat warming up atau pemanasan, adalah mempersiapkan diri ke tingkat dimana kita siap untuk melakukan aktivitas

 

 

 

http://shorturl.at/eiDTX

Tinggalkan komentar